Perusahaan kurir yang beroperasi di Indonesia |
Pengaduan yang diterima YLKI
Dilansir situs Katada, Yayasan Lembaga Konsumen (YLKI) telah merelease Perusahaan Ekspedisi dengan jumlah aduan terbanyak tahun 2001. YLKI sendiri adalah organisasi masyarakat yang independent dan bersifat tidak orientasi laba (nirlaba) didirikan pada tanggal 11 Mei 1973. Tujuan pendirian YLKI adalah meningkatkan kepedulian kritis konsumen atas hak dan kewajibannya, dalam upaya melindungi dirinya sendiri, keluarga, serta lingkungannya.
Selama tahun 2021 disebutkan YLKI menerima pengaduan dari masyarakat sebanyak 535, diantaranya terdapat 3,2% pengaduan kepada perusahaan ekspedisi berkaitan dengan antaran paket.
Perusahaan ekspedisi yang menerima pengaduan adalah sebagai berikut:
Anteraja: 35%
JNE: 18%
J&T: 12%
Lion Parcel: 6%
Si Cepat: 6%
Tiki: 6%
Pos Indonesia: 6%
Permasalahan utama yang diadukan.
Masalah-masalah yang diadukan oleh masyarakat berkaitan dengan:
Barang hilang: 41%
Barang tidak boleh diambil: 18%
Tarif tidak sesuai: 12%
Barang rusak: 6%
source: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/11/ylki-anter-aja-perusahaan-ekspedisi-paling-banyak-dikeluhkan-konsumen
Artikel terkait
Komparasi akun twitter official Pos Indonesia, JNE dan J&T
Tidak ada komentar:
Posting Komentar