Sekarang mari kita bahas tiga channel Youtube milik Pos Indonesia yaitu channel Pos Indonesia, Pos Indonesia The Story dan Pos Aja Official. Data dari masing-masing channel tersebut diambil pada tanggal 7 Desember 2022 pukul 20.00.
Logo Pos Indonesia |
Tanggal pembuatan channel
Pos Indonesia: 9 Mei 2014
Pos Indonesia The Story: 7 September 2020
Pos Aja Official: 9 September 2021
Jenis Channel:
Pos Indonesia: News
Pos Indonesia The Story: People
Pos Aja Official: Belum terdefinisi
Jumlah Subscribes
Pos Indonesia: 11.000
Pos Indonesia The Story: 11.600
Pos Aja Official: 217
Jumlah subscribes |
Jumlah upload video.
Pos Indonesia: 714
Pos Indonesia The Story: 24
Pos Aja Official: 24
Jumlah upload video |
Jumlah Views
Pos Indonesia: 2.136.570
Pos Indonesia The Story: 2.329.252
Pos Aja Official: 8.355
Jumlah Views |
Rata-Rata View Per Video
Pos Indonesia: 2.992
Pos Indonesia The Story: 97.052
Pos Aja Official: 418
Rata-rata view per video |
Total Grade.
Pos Indonesia: B-
Pos Indonesia The Story: C+
Pos Aja Official: TBD (Belum masuk kriteria grade)
Pos Indonesia mengambil kebijakan untuk memisahkan channel mereka sesuai dengan kriteria yang ditetapkan yaitu channel News yang berisi berita dan informasi tentang korporat. Untuk hal-hal yang bersifat update informasi dan hiburan ada channel tersendiri. Demikian pula untuk promosi produk dan layanan baru dibuatkan channel tersendiri pula. Yang perlu menjadi catatan bagi Pos Indonesia adalah bagaimana mensinergikan semua channel yang dimiliki menjadi sebuah kesatuan yang bisa powerfull memberikan informasi kepada pelanggan dan masyarakat. Isu sensitif lainnya adalah bagaimana melakukan filter netizen yang subscribe channel tersebut adalah benar-benar pelanggan potensial. Bagi saya lebih baik punya satu channel tapi kuat daripada banyak tapi kecil-kecil. Mungkin Pos Indonesia punya pertimbangan lain yang memang sesuai dengan kebutuhan mereka. Karena dalam dunia bisnis tidak ada hitam dan putih, tidak ada benar dan salah, tapi mana yang paling efektif sesuai dengan sasaran yang ingin dicapai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar