Minggu, 27 November 2022

Komparasi channel YouTube Pos Indonesia, JNE dan J&T siapa yang paling baik?

YouTube merupakan situs sharing video paling populer saat ini. Tercatat YouTube menjadi situs ketiga paling banyak dikunjungi di internet setelah Google dan Facebook.

Tidak kurang 1 milyar kunjungan setiap bulan di YouTube. Sebuah angka yang fantastis dan menggiurkan bagi para pebisnis.

Tak ayal hampir semua entitas bisnis menggunakan YouTube sebagai salah satu media promosi dan building image bagi perusahaan.

Demikian pula perusahaan jasa kurir, sebuah sektor bisnis dengan persaingan yang ketat dari perusahaan negara dan swasta, mulai perusahaan besar sampai perseorangan. 

Saat ini ada tiga besar perusahaan kurir di Indonesia yaitu Pos Indonesia, JNE dan J&T.



Berikut ulasan tiga perusahaan kurir tersebut yang diambil dari situs Social Blade capture tanggal 27 Nopember 2022 pukul 20.00.

Tanggal pembuatan channel

JNE: 27 Mei 2011

Pos Indonesia: 9 Mei 2014

J&T: 1 Desember 2015

Dari data tersebut JNE adalah perusahaan kurir yang pertama membuat channel youtube disusul Pos Indonesia dan terakhir J&T.

Jumlah subscribers

J&T:176 K

JNE:29,7 K

Pos Indonesia: 10,9 K

Kekuatan channel YouTube bisa dilihat dari seberapa besar jumlah subscribers nya. Semakin banyak artinya semakin berpotensi video yang diupload bisa ditonton. 

Jumlah subscriber terbanyak adalah J&T, disusul JNE dan terakhir Pos Indonesia.

Jumlah upload video

Pos Indonesia: 704

JNE: 303

J&T: 188

Dari data di atas channel yang paling banyak meng-upload video adalah Pos Indonesia kemudian disusul JNE dan terakhir JNE.

Jumlah penonton video.

J&T: 15.637.285

JNE: 4.645.364

Pos Indonesia: 2.130.231

Data inilah yang menjadi tujuan dari pembuatan sebuah channel yaitu jumlah penonton video yang diupload. Dari data ini menunjukkan video-video dari J&T yang paling

banyak ditonton, disusul oleh JNE dan terakhir Pos Indonesia. Ada yang menarik disini channel Pos Indonesia yang paling banyak meng-upload video namun justru paling

sedikit jumlah viewers nya. Ini harus menjadi bahan evaluasi dari masing-masing Tim tersebut.

Penghasilan adsens rata-rata per bulan.

J&T: 128 USD

JNE: 37 USD

Pos Indonesia: 12 USD

Sebagaimana diketahui Youtubers (sebutan bagi para pembuat konten YouTube) saat ini menjadi salah satu profesi yang sangat menjanjikan. Banyak orang kaya baru (OKB) 

dari hasil pembuat konten di YouTube ini. Channel yang telah dimonetisasi akan memperoleh sharing penghasilan yang nilainya bisa fantastis. Data penghasilan adsens YouTube sangat dipengaruhi oleh jumlah subscriber dan jumlah video yang ditonton. 

Total Grade

J&T: B

Pos Indonesia: B-

JNE: B-

Dari semua kriteria yang ada maka performansi semua channel diberikan penilaian grade nya. Berdasarkan grade tersebut, dari tiga perusahaan kurir ini maka J&T mempunyai grade tertinggi yaitu B kemudian disusul Pos Indonesia dan JNE sama-sama memperoleh grade B- (B minus).


Artikel terkait.

Dampak Meterai Elektronik terhadap bisnis Pos Indonesia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kenapa Pos Indonesia Punya Banyak Channel YouTube? Inilah jawabannya...

Sekarang mari kita bahas tiga channel Youtube milik Pos Indonesia yaitu channel Pos Indonesia, Pos Indonesia The Story dan Pos Aja Official....

POPULER