Rabu, 31 Juli 2019

Layanan CoD Ritel Pos Indonesia Solusi Bagi Pedagang Online

Bisnis e-commerce masih menjadi primadona bagi masyarakat. Manisnya kue bisnis online ini bukan hanya dinikmati para pemain e-commerce besar yang sudah mapan seperti Zalora, Lazzada, Tokopedia, Bukalapak, Blibli dan masih banyak lagi.  Para pedagang online kecil dan menengah yang menjual barangnya melalui berbagai platform sosial media juga menikmati booming maraknya penjualan online. Omzet pedagang online melalui platform media sosial ini jauh lebih besar dibanding dengan transaksi di webstore.
Gambar ilustrasi: Kapolda Sumut menyamar menjadi pak pos



Namun demikian, ada kendala yang dihadapi oleh para pedagang online ini yaitu masalah kepercayaan (trust). Terlebih banyak kasus penipuan transaksi online melalui platform media sosial. Salah satu solusi untuk menjembatani kepercayaan penjual dan pembeli adalah penjualan sistem CoD (cash on delivery). Pembayaran dilakukan jika barang sudah diterima oleh pembeli. Pelaksanaan sistem CoD ini juga membawa risiko bagi penjual, yaitu tidak diterimanya pembayaran dari pembeli.

Untuk menjembatani penjual dan pembeli dalam transaksi online melalui media sosial ini, Pos Indonesia punya solusinya. BUMN ini telah merelease layanan CoD Ritel.

Apakah layanan CoD Ritel itu? Layanan CoD Ritel adalah layanan khusus Pos Indonesia yang diperuntukkan kepada pedagang online yang melakukan penjualan melalui platform media sosial (non marketplace) dengan sistem pembayaran secara bayar di tempat (CoD).
Salah satu kelebihan CoD ritel ini adalah tersedianya aplikasi berbasis web yang menyediakan fasilitas bagi pedangan online untuk bisa memantau kiriman dan pembayarannya.

Bagaimana cara pedagang online mendaftar sebagai pengguna layanan CoD Ritel Pos Indonesia?

  • Pedagang online terlebih dahulu harus membuka rekening mobile giropos (klik disini cara install, registrasi dan aktivasi mobile giropos)
  • Jika sudah mempunyai rekening mobile giropos silahkan datang ke customer service kantorpos terdekat.
  • Petugas customer service akan melakukan registrasi pedagang online agar terdaftar pada web aplikasi khusus CoD Ritel http://antaran.posindonesia.co.id/cod/
  • Setelah berhasil terdaftar maka pedagang online bisa memanfaatkan layanan CoD Ritel Pos Indonesia.

Beginilah cara menggunakan aplikasi CoD Ritel Pos Indonesia bagi seller/penjual

Login

Membuka web http://antaran.posindonesia.co.id/cod/ dan melakukan login

Cek Tarif

Sebelum melangkah lebih jauh seller/penjual bisa melakukan cek tarif

Terima order dari buyer/pembeli


Entry barang yang dipesan

Invoice

Cetak label

Cek status kiriman



Lacak Kiriman

Laporan kiriman


Penempelan invoice dan alamat pada kiriman

Pilihan proses kiriman

Penjual bisa meminta pick up kiriman kepada pengantar pos, petugas pick up kantorpos (o-ranger) atau datang langsung ke loket kantorpos.

Tampilan kiriman CoD setelah posting loket

Informasi lebih lanjut bisa ditanyakan ke kantorpos terdekat. Untuk sementara waktu layanan CoD Ritel baru bisa diterima di kantorpos wilayah Jawa Timur.

Link terkait:
  1. Alamat kantorpos di Jawa Timur
  2. Panduan penggunaan Pos Giro Mobile Pos Indonesia
  3. Bayar denda tilang di kantorpos









 

61 komentar:

  1. wow pos indonesia semakin canggih euy.... keren pisan pokok na mah...
    tambah lagi promosinya... biar masyarakat tahu bahwa pos indonesia masih eksis dan tetap melayani nusantara...

    BalasHapus
  2. Sering trouble.
    Kecewa..
    Paket banyak terbengkalai.

    BalasHapus
  3. Kok sering eror web nya ya sering ga bsa d buka

    BalasHapus
  4. Apakah penjual dan pembeli harus daftar di cod ritel pos ini

    BalasHapus
  5. Bikin 2 akun gak bisa digunakan katnya keblokir padahal masuk aja gak bisa

    BalasHapus
  6. Langung dtg ke kntor pos gpp kan klo mau ngirim via cod. Gak harus dftar di cod ritel

    BalasHapus
  7. Saya belanja onlineshop, pake COD masak udah 10 hr belum sampai ke saya, padahal klo cepat sampe kan jg bakalan saya bayar, dan toko online nya pun juga tidak dikirimi bukti kirim (resi) juga wlopun pake sistim cod harusnya jg ada dong, kalau kayak gt siapa yang tanggung jawab. Mohonlah untuk Pos diperbaiki sistimnya. Saya menunggu paketan sampai gk bisa kemana2 udah 10 hari belum datang sampai sekarang.

    BalasHapus
  8. Status pengiriman kenapa tetap pada status 'belum memiliki resi', bagaimana cara mengubahnya menjadi nomor resi? Otomatis atau manual kah?

    BalasHapus
  9. Aplikasi apa yg utk cod pos itu

    BalasHapus
  10. Sistem saya kok nggak bisa ya? Apakah lagi ada gangguan?

    BalasHapus
  11. Toling di pecepat uang nya masuk ke amplikasi.kenapa barang dah sampai ke pembeli .pembeli dah bayar.kok udah 1 minggu lum masuk amplikasi.tlong di percepat uang nya masuk amplikasi.kasihan penjual nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul terkadang ada yang sampai 10 hari baru masuk ..itupun setelah d komplin baru masuk uangnya...apakah ini permainan para kurir atau gmn saya g paham

      Hapus
    2. Punya ku juga gt kok, sebagian kurirnya ada yang jujur dan ada yang enggak,, mungkin uang nya buat beli rokok nya dia ato kebutuhan nya dia, dan gak di setorin ke teller

      Hapus
    3. Solusinya gimana ya mbak

      Hapus
    4. Sama kak, baranh sudah sampai tapi sttus pengirimn g berubh2.. jdi uangnya g masuk2, pdhal udh dbtuhin.. sya komplain lwat fb, jwbanya cma trm ksih atas sarannya doank

      Hapus
    5. Sama saya juga , dikira saya jualan online gak butuh balik modal apa, uang saya kok lama skli disetor

      Hapus
    6. Sama.. Barang status udah diterima. Dana gk masuk ke mgiro... Haduhhhh payahhh POS

      Hapus
  12. paket dilacak sudah sampai di pembeli.. tapi dana belum masuk rek posgiro jg..
    komplain lewat email juga tidak ditanggapi.. mohon diperbaiki untuk kedepannya..

    BalasHapus
  13. Barang sudah diterima pembeli , status resi tidak muncul , dan status belum dibayar sudah 1minggu lebih dana belum masuk pos giro... Ya Allah kan dananya mau dibuat jualan lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaha iya saya juga kadang" heran kenapa uang dari cod tidak ada hari pasti masuk ke giro, misal 2 hari lah. saya juga pernah mengalamai sampe hampir seminggu

      Hapus
  14. Web nya sering eror ya? Apa teman" yang lain juga merasakan yang sama?.loading nya lama baget tp gAk muncul"..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya webnya sering eror jadi pusing kalo nunggu loading

      Hapus
  15. Web nya sering loding sudah 5hari gak bisa dibuka tolong donk diperbaiki lagi,, klo kayak gini trus gak bisa transaksi penjualan,, dan untuk brang yg sudah ditrima tolong uang lgsg dimasukan ke rekening jangan lama2

    BalasHapus
  16. Untuk wilayah Sumatra udah bisa blm bos

    BalasHapus
  17. Tolong sportif ya ..uang COD segera masuk ,jangan tunggu d komplin dlu baru di masukin uang COD nya....kita juga butuh uangnya untuk puter modal jualan lagi...sistemnya masih kurang OK

    BalasHapus
  18. min barang sudah di terima kok uang blm masuk pdhl udah 2 hari sampe sekarang blm masuk ke rekening pos giro saya mohon di respon

    BalasHapus
  19. Kalau kecamatan tidak tercantum solusinya gimana ya, padahal nama kota sudah benar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau q pakai kecamatan terdekat. Asal alamat realx udah lengkap selama ini sll aman

      Hapus
  20. Min.. kenapa cod ritelku sulit banget dibuka ya.padahal signal full..toi loading lama & g keluar tulisannya

    BalasHapus
  21. idem dito, keluhane sama.. signal 4G full, udah login cod ritel tp nyampe dashboard loading'e lama gak kelar²..

    BalasHapus
  22. satu lagi, tuk opsi alamat tujuan apakah yg tersedia memang cuma area jawa saja ? coz gak ada opsi tuk ngetik manual.. kbetulan dapet order dr ende,ntt.. blm isa diproses sampai hari ini.. ☹️

    BalasHapus
  23. Beberapa Uang ku gak cair ke giro pos, padahal pembeliku sudah bayar ke kurirnya tapi kurirnya nggak ngasih uang nya ke teller, gak jujur banget, terus tiap mau bikin daftar orderan lemot banget web nya sinyal ku udah paling bagus lohh, tapi ya itu di laptop dan di hp sama aja situs nya susah di buka

    Buat para kurir kantor pos mohon jujur dong, masak uang gak di setorkan,, kurir wilayah bangil-pasuruan - jawa timur, di situs ada nama kurir nya sama ID kurir nya apa perlu saya share,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyakah kk.. Padahal sy baru mau mulai aktifin COD pos

      Hapus
  24. WOOI POSSS...BARANG SUDAH DITERIMA DAN PAMBELI UDA BAYAR, KOK BELUM MASUK JUGA DI GIRO POS KU...MAU JADI PENIPU YA..PARAH.

    BalasHapus
  25. Bumn kok web nya murahan, lemooottt...

    BalasHapus
  26. Barang sudah sampai semua di custumer nya tapi kenapa uang nya kok gakada masuk jadi bingung kalo gini mana uang nya mau buat jualan lagi. Apa emang masih di pake ama kurir nya atau emng lg ada masalah di aplikasinya

    BalasHapus
  27. Sudah menggunakan layanan ini tp payah, g sebaik jnt atau jne, barang udh d terima tp dana sampai sebulan g masuk", di complain ada aj alasannya..emang kinerja pos gmn?

    BalasHapus
  28. kecewa, barang sudah diterima pembeli tapi hampir 1 bulan uang belum cair belum masuk ke rekening PGM.
    sudah komplain kirim data ke kantor pos tempat kirim katanya sudah di forward ke CS.
    email ke haloposcare suruh ngelampirin bukti setor pembayaran COD. loh kan saya cuma dapet bukti resi pengiriman.
    bukankan bukti setor bayar itu harusnya kurirnya ya?
    lha kalo saya domisili malang kirim keluar malang, gimana saya bisa dapat bukti setor bayar COD nya ?
    apa saya harus ke masing2 kantor POS tempat paket didistribusikan.

    tolonglah sebenarnya sudah bagus ada metode COD POS. tapi tolong diimbangi dengan penyelesaian transaksi hingga tuntas sampai dengan dana yang menjadi haknya penjual.

    harus komplain kemana lagi.

    BalasHapus
  29. 1.Sudah eminggus barang diterima customer, uang juga belum masuk ke rekening giro

    2. Barang dikirim seminggu yang lalu, baru sampek hari ini. Pdhl masih satu kabupaten

    Kalau POS sistem COD pelayanan seperti ini, kami selanjutnya menjadi ragu untuk menggunakan pengiriman POS

    BalasHapus
  30. barang udah di terima tanggal 18 april sampai sekarang uang cod saya belum juga masuk.
    di komplain malah suruh saya ke kantor pos pusat.
    ribet amat ini pos indonesia...
    siapa sih pengurus utama pos indonesia..
    bisa kerja gak

    BalasHapus
  31. Status barang sudah diterima tgl 27 April tp sy cek tiap hari sampai tgl 29 uang blm masuk... gmn ini solusinya?

    BalasHapus
  32. Saya sudah daftar invoice COD namun id number sama password belum terikirim
    Mohon infonya

    BalasHapus
  33. Websitenya dikembangkan Lagi. Buang" waktu. Sangat lemot, mengecewakan.

    BalasHapus
  34. Barang sudah diterima oleh pembeli.uang belum masuk jugak direkening pos girom .

    BalasHapus
  35. Kenapa barang sudah di terima tapi uangnya udah 2 hari belum masuk ke reg.giro. solusinya gimana?

    BalasHapus
  36. 9 transaksi dgn jumlah banyak, uang belom cair sama sekali, ini komplainnya kemana ya,,

    BalasHapus
  37. wah parah, ga ada solusi. saya hampir 1bln ga ada respon, dtng kekntr juga disuruh vis WA. mungkin ada yg tw no. pos pusat.

    BalasHapus
  38. Gimana nih pos pelayanan cod, brg sudah dibayar custamer uang blm msk2 ke posgiro mobile mohon di perbaiki

    BalasHapus
  39. Masukan aja ya buat pos, please deh web nya tolong donk yg jelas! Udah berulang kali cetak invoice kendala mulu, mana ada tulisan belum memiliki EXTID apa lah.. Ga bisa buat cepet ini

    BalasHapus
  40. Kirain saya doang yg bingung...ternyata disini banyak yg senasib.gimana ini?barang sdh diterima tp uang blm masuk...padahal butuh banget itu buat modal lagi.gmn ini?????

    BalasHapus
  41. Sama kak, apa apaan ini aplikasi COD pos, sudah kecewa saya daftar beginian !! Pengen komplain ke Manager Kantor Pos ini aja deh, CS pos nya gak bisa ngambil Solusi !! Klo udh semingguan gak masuk uang orang, sonoh apa potong gaji karyawan saja ! Kok didiemkan saja , dikira jualan online gak butuh balik modal apah ! Bikin emosi saja

    BalasHapus
  42. Uang hasil cod saya blum stor udah lama gmna ini pos

    BalasHapus
  43. Pos gmna cod saya udah sampe tapi blum cair juga

    BalasHapus
  44. Bagay mana ini pos brang udah lama sampe belum stor juga, ini resiny 18008130770

    BalasHapus
  45. harusnya ada ketenuan pasti lah setidaknya, jika barang sudah diterima dan dibayar pembeli, uangnya masuk ke giro itu berpa hari, maksimal 2 hari lah. Masak bisa sampe hampir seminggu, kadang" juga lama. soalnya buat diputer lagi duitnya. kan gitu

    BalasHapus
  46. Mohon bantuanya kk . Pengiriman pos dengan sistem cod dari bulan 7 2020 sampek sekarang ada barang yang sudah di terima tapi uang belum di transfer ke rekening giro. Saya sudah komplin di pos pusat kabupaten, di ig pos indonesia dan di email pos indonesia al hasil slowrespon . Trimakasih

    BalasHapus
  47. Barang saya sudah di terima kenapa kok belom masuk ke rekening saya uange pk🙏✨

    BalasHapus

Kenapa Pos Indonesia Punya Banyak Channel YouTube? Inilah jawabannya...

Sekarang mari kita bahas tiga channel Youtube milik Pos Indonesia yaitu channel Pos Indonesia, Pos Indonesia The Story dan Pos Aja Official....

POPULER